About Me

header ads

MAKALAH : “MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KOMPUTER”


BAB I
PENDAHULUAN


  1. Latar Belakang
  2. Dalam pembelajaran dewasa ini, pendidik perlu memperhatikan betul kemampuan dan kreativitasnya dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Karena pada kenyataanya masih banyak pendidik yang belum dapat memaksimalkan penggunaan media ataupun teknologi yang ada, sehingga penggunaan dari media atau teknologi tersebut dalam pembelajaran dapat maksimal dan berguna sesuai dengan kecanggihan dari teknologi tersebut dan tujuan dari pembelajaran itu sendiri.

    Salah satu teknologi canggih dan banyak digunakan saat ini dalam pendidikan adalah computer. Dimana computer menjadi media dan sumber belajar serta media interaksi siswa dengan guru dalam belajar. Penggunaan computer dalam pembelajaraan banyak digunakan namun dalam penerapanya belum banyak guru yang memahami dan memanfaatkan teknologi tersebut dengan penuh atau optimal. komputer sebagai teknologi dan media pembelajaran interaktif guru dengan siswa, mampu menjadikan siswa lebih aktif, kreatif, belajar menyenangkan, tidak membosankan, dan meningkatkan minat belajar siswa. Sehingga diperlukan keberadaanya untuk lebih menunjang dalam pembentukan individu yang aktif, berwawasan dan mengikuti perkembangan jaman.

  3. Rumusan Masalah
    1. Apakah yang dimaksud dengan komputer sebagai media pembelajaran ?
    2. Bagaimana penggunaan komputer dalam pembelajaran ?
    3. Bagaimana peranan komputer dalam meningkatkan interaksi siswa dengan guru ?
    4. Bagaimana dampak positif dan negatif dari penggunaan komputer dalam pembelajaran ?


BAB II
PEMBAHASAN


  1. Pengertian Komputer Sebagai Media Pembelajaran
    1. Sejarah Komputer
    2. Charles Babbage yang lahir 26 Desember 1792 adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London. Tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan.

      Tahun 1937, tulisan Babbage menjadi perhatian Howard H. Aiken, sarjana tamatan Harvard. Aiken yang juga sedang mencoba menyelesaikan rancangan mesin komputer, tergerak oleh gagasan Babbage. Bekerjasama dengan IBM, Aiken sanggup membuat Mark I, komputer pertama untuk segala keperluan. Dua tahun sesudah Mark I dioperasikan (1946), kelompok insinyur dan penemu lain menyelesaikan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama. Sejak itu, kemajuan teknologi komputer berkembang pesat hingga sekarang.

    3. Pengertian Komputer
    4. Definisi dari komputer diartikan berbeda-beda oleh beberapa orang, namun pada intinya apa yang mereka ungkapkan benar dan semua ada dalam computer itu sendiri. Beberapa definisi dari computer antara lain :
      • Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung.
      • Menurut Hamacher (dalam Computer Organization), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
      • Menurut Blissmer (dalam Computer Annual), komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas : menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan.
      • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2003) mengartikan komputer sebagai alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.


      Dari beberapa definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa komputer adalah suatu perangkat elektronik yang terdiri dari software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) yang digunakan khususnya dalam pengolahan data dan membantu dalam aktifitas-aktifitas lain dalam menyalurkan kreativitas tiap individu dengan menggunaan teknologi tersebut.

    5. Komputer Sebagai Media Pembelajaran
    6. Proses pembelajaran merupakan proses yang sangat penting dalam pembelajaran. Dimana semua komponen dalam pembelajaran berperan aktif dalam mencapai tujuan dari pembelajaran. Guru sebagai komponen penting dalam proses pembelajaran diharapkan mampu memilih dan menggunakan media yang efektif dalam pembelajaran sehingga penyampaian informasi serta pembentukan pengetahuan siswa dapat tercapai dengan baik. Yang dimaksud dengan media pembelajaran adalah semua perangkat yang digunakan oleh pendidik sebagai perantara terhadap informasi atau pesan yang akan disampaikan kepada komunikan/siswa dalam rangka pencapaian maksud dan tujuan dari pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan minat dan menumbuhkan daya rangsang siswa untuk terus belajar dan membentuk pengetahuan dalam diri mereka. Berbagai media pembelajaran telah banyak bermunculan, dan pemakaian dari media tersebut dapat efektif dan maksimal dalam penggunaanya jika guru benar-benar memahami dan ahli serta kreatif dalam memberi inovasi terhadap media yang digunakan.

      Sebagai media pembelajaran, computer diharapkan dapat meningkatkan interaksi belajar siswa dengan guru, dengan pemanfaatan yang optimal terhadap keberadaanya antara lain :
      • Penggunaan computer dalam kegiatan belajar mengajar yang digunakan guru untuk menyampaikan materi dengan presentasi didepan kelas dengan desain power point yang menarik dan disertai dengan sessi tanya jawab. Itu akan memberi sedikit inovasi dalam penyampaian materi sehingga menigkatkan minat belajar siswa dan tidak membosankan.
      • Penggunaan komputer dalam diskusi kelas, dimana semua computer telah terkoneksi dengan internet baik melalui sebuah group maupun menggunakan aplikasi lain. Dan guru memantau diskusi siswa serta menanggapi hal-hal yang dianggap kurang benar.
      • Siswa secara aktif membuat kretivitasnya masing-masing melalui teknologi computer. Kreativitas yang dimaksud misalnya pembuatan pemandangan yang bagus atau gambar-gambar yang menarik melalui computer, karya tulis melalui computer untuk dishare kan ke web (jika telah terkoneksi dengan internet.
      • Menjadikan computer sebagai sumber bahan lain selain buku dalam pencarian bahan dimana computer disini telah terkoneksi dengan internet.
      • Penggunaan bagian-bagian atau komponen-komponen dalam computer untuk menunjang proses pembelajaran. Misalnya pemanfaatan suara, gambar, dan video dalam pembelajaran.


  2. Penggunaan Komputer dalam Pembelajaran
  3. Dalam dunia pendidikan saat ini penggunaan komputer sudah marak digunakan, khususnya dalam perguruan tinggi. Dalam perkembanganya komputer memiliki banyak pengaruh terhadap pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan banyak orang. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access. Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi • Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya.

    Dalam pemanfaatan komputer saat ini telah berkembang meliputi pengelolaan tes melalui komputer selain itu dapat dilihat pula komputer dijadikan sebagai media untuk menampilkan nilai-nilai ujian siswa melalui komputer yang telah terkoneksi dengan internet, penggunaan komputer dalam penyaluran pendapat serta berbagi pemikiran antar individu. Perkembangan pemanfaatan komputer tersebut belum begitu luas, dimana masih banyak lembaga-lembaga pendidikan dan guru-guru yang tidak memaksimalkan penggunaan dari teknologi tersebut. Hal itu terjadi karena kemalasan dan ketidakpahaman individu terhadap teknologi ataupun media yang berada disekelilingnya.

    Dalam penggunaanya komputer memiliki banyak manfaat, sehingga teknologi tersebut menjadi sangat penting dan dibutuhkan oleh semua bidang pekerjaan tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Penerapan komputer dalam pendidikan membantu guru dalam penyampaian materi melalui berbagai inovasi yang dapat dibuat dan dikembangkan guru sehingga pesan tersebut lebih menarik dan disukai siswanya. Namun dalam pemakaianya belum banyak guru yang secara optimal menggunakan semua fungsi dari komputer, antara lain : diskusi melalui media komputer yang telah online, mencari bahan dari komputer yang tersambung internet, memberi pembelajaran mengenai pengeditan gambar dan teks, penyuntingan video dan masih banyak aplikasi dalam computer yang dapat ditingkatkan guru dalam pembelajaranya untuk lebih mengaktifkan siswa.

  4. Peran Komputer dalam Meningkatkan Interaksi Siswa dengan Guru
  5. Seperti apa yang telah dikatakan sebelumnya bahwa proses pembelajaran merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. Hal tersebut seharusnya menjadi pusat perhatian bagi guru untuk dapat memanfaatkan atau menggunakan kesempatan atau waktu tersebut untuk dapat memaksimalkan apa yang dapat guru lakukan dalam penyampaian materi dan penggunaan seoptimal mungkin teknologi yang ada.

    Komputer sebagai salah satu teknologi mutakhir yang sedang berkembang saat ini baik dalam kehidupan pendidikan maupun kehidupan profesi lainnya, merupakan salah satu buah hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan seorang individu yang mampu menghasilkan suatu produk yang bermanfaat di dunia. Perkembangan dan peningkatan kecerdasan serta kecepatan berfikir tiap individu didukung oleh suatu proses pembelajaran yang bermakna dimana setiap individu mampu memberikan makna yang tertanam kuat dalam pemikiranya dan pemahaman yang mendalam terhadap suatu masalah.

    Secara umum pembelajaran berbasis komputer dapat dimasukan dalam dua kategori, yaitu komputer mandiri dan komputer dalam jaringan.perbedaan terletak pada aspek interaktifitas, dalam komputer mandiri interaktiviitas siswa terbatas dengan materi ajar yang ada dalam program pembelajaran. Pada pembelajaran dengan komputer dalam jaringan, interaktivitas peserta ajar menjadi lebih banyak alternatifnya. Pada proses pembelajaran dengan computer dalam jaringan dikenaldua jenis fungsi komputer, yaitu komputer server (untuk melayani interaksi, seperti website server, e-mail server) dan komputer klien (dilengkapi dengan browser, misalnya Netscape, Mozila Firefox, Opera mini atau internet explorer) . Interaksi peserta ajar dengan tenaga pengajar dilakukan melalui kedua jenis computer tersebut

    Peran komputer dalam meningkatkan interaksi siswa dengan guru antara lain :
    1. Komputer sebagai media pembelajaran aktif siswa dan guru. Dimana keduanya belajar melalui komputer dan dapat mendalami manfaat dari komputer itu sendiri sehingga dapat meningkatkan aktifitas pembelajaran dan mengoptimalkan penggunaan dari teknologi komputer.
    2. Komputer sebagai media komunikasi siswa dengan guru. Dimana komputer telah terkoneksi dengan internet, sehingga diskusi dan tanya jawab terhadap topik masalah dapat ditanyakan dalam kelas sewaktu diskusi berlangsung sehingga mempersingkat waktu dan tanya jawab pun dapat dilakukan diluar kegiatan belajar/ luar kelas.
    3. Komputer sebagai sumber pengetahuan lain. Selama ini siswa hanya memperoleh pengetahuan melalui apa yang disampaikan guru dan guru memperoleh pengetahuan melalui buku, namun sekarang guru dan siswa dapat memperoleh bahan lain melalui komputer yang telah terkoneksi dengan internet.
    4. Pembelajaran saat ini telah berkembang hanya karena komputer yang telah terhubung dengan internet. Dimana siswa memiliki peran aktif dalam pengembangan dan pembentukan pengetahuan karena pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri melalui komunikasi di dunia maya seperti e-learning.
    5. Siswa dapat menyalurkan dan mengembangkan kreatifitas dan ide-ide barunya melalui dunia blog dan aplikasi lain yang dapat dimanfaatkan guru dalam peningkatan motivasi dan belajar siswa untuk terus berkarya.
    6. Guru bersama siswa dapat saling memberi dan membentuk pengetahuan baru terhadap sumber-sumber bahan materi lain yang mereka dapat.
    7. Adanya pertukaran pendapat dan komunikasi dengan narasumber lain dalam interaksi di dunia maya sehingga pengetahuan yang terbentuk lebih luas.
    8. Komputer sebagai ajang untuk mempertontonkan kreatifitas tiap individu. Sehingga bakat dan kemampuan tiap individu dapat dikembangkan dan pendidik dapat melihat karakter tiap individu melalui karyanya, sehingga guru dapat mengidentifikasi potensi dan kemampuan yang mungkin dpat dikembangkan.


  6. Dampak Positif dan Negatif dari Penggunaan Komputer dalam Pembelajaran.
  7. dampak dari penggunaan komputer dalam pembelajaran dapat mempengaruhi beberapa aspek bidang dalam pendidikan. Penggunakan komputer dalam pembelajaran dapat dilihat dampaknya setelah seorang individu menggunakan dan memanfaatkan teknologi tersebut, beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan komputer dalam pembelajaran, yaitu :

    1. Dampak positif
      • Merangsang minat dan daya tarik siswa untuk terus belajar
      • Memberi ruang bagi siswa untuk turut berpartisipasi aktif dalam interaksi melalui diskusi dan tanya jawab dengan jaringan komputer yang terkoneksi dengan internet
      • Sebagai media untuk mempertontonkan kreativitas dan menampilkan bakat mereka melalui penciptaan karya. Untuk mereka yang merasa malu menampilkanya dimasyarakat ataupun tidak.
      • Mengembangkan pengetahuan siswa terhadap munculnya sumber bahan lain yang dapat meningkatkan pengetahuan dan pengenalan teknologi-teknologi canggih kepada mereka
      • Komputer membantu pendidik dalam komunikasi dan penyampaian materi yang tidak terjangkau (tidak dapat dijelaskan melalui kata-kata)
      • Pembelajaran lebih efektif dan efisien ( pembelajaran dapat direncanakan tepat waktu dan jelas pencapaianya)
      • Pendidik dapat membentuk dan membangun pengetahuan bersama dengan siswa. Dimana keduanya berdiskusi dan menghasilkan pemikiran-pemikiran baru serta pencarian sumber bahan materi lain.
      • Bahan ajar tidak hanya berasal dari satu sumber saja. Dimana siswa dapat mencari informasi melalui media lain selain buku dan guru yaitu melalui internet.
      • Pengetahuan yang dibangun atau dibentuk selalu berkembang dan berubah
    2. Dampak Negatif
      • Adanya ketidakmampuan peserta didik dalam menerima pemahaman atau pengetahuan komputer, sehingga mereka tertinggal yang tertinggal semakin tertinggal dan yang mengerti semakin mengerti.
      • Siswa lebih aktif menggunakan computer, sehingga jika sewaktu-waktu keberadaan computer hilang, maka kemungkinan siswa menjadi malas untuk belajar. Dan mereka telah berpikiran bahwa pembelajaran nantinya pasti membosankan.
      • Sumber bahan pengetahuan terlalu luas sehingga dapat membingungkan.



BAB III
PENUTUP


  1. Kesimpulan
  2. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa Komputer sebagai media pembelajaran memberi ruang kepada siswa untuk lebih interaktif dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti pemanfaatan komputer sebagai media diskusi aktif antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa melalui jaringan komputer yang terhubung dengan internet, media untuk mengemukakan pendapat diantara tiap individu dan menciptakan kreatifitas-kreatifitas siswa melalui pemanfaatan secara optimal terhadap software/ program dalam komputer. Dalam pemanfaatanya, penggunaan komputer harus dibatasi untuk hal-hal yang positif dan penting serta yang menunjang pendidikan untuk menghindari adanya individu yan konsumtif atau tergantung terhadap pemakaian computer. Peran guru sangat penting dalam pemahamanya serta keahlianya dalam memanfaatkan computer, sehingga guru perlu memperhatikan betul penggunaanya serta memaksimalkan penggunaan positif dari media dengan memperhatikan karakteristik siswanya.



DAFTAR PUSTAKA


Isjoni, dkk. (2007). Pembelajaran Terkini Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
http://susantotutor.wordpress.com/category/komputer-sbg-media-pembelajaran/).
http://sigita.web.id/2006/03/komputer-sebagai-media-pembelajaran/).

Post a Comment

1 Comments

  1. error gan link downloadnya, Terimakasihsudah mau share....

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kujungan teman-teman ....!!!
Silahkan teman-teman pergunakan sebaik-baiknya apa yang ada pada blog ini dan semoga bermanfaat.....
saya harap, teman-teman mau meninggalkan sedikit pesan dan kesan terhadap blog ini untuk perkembangan selanjutnya.....